Jumat, 05 April 2013

ANALISIS LAYANAN PAKET DATA SISTEM CDMA 2000-1X BERDASARKAN DATA DROP CALL DAN DATA DRIVE TEST PADA ABIS INTERFACE

ANALISIS LAYANAN PAKET DATA SISTEM CDMA 2000-1X BERDASARKAN DATA DROP CALL DAN DATA DRIVE TEST PADA ABIS INTERFACE

1        Too Many Erasure Frames

Parameter too many erasure frames merupakan penyebab utama terjadinya drop call. Untuk menurunkan
nilai CDR yang dikarenakan too many erasure frames,
terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu :

a) Pengecekan pada cakupan.
b) Pengecekan pada forward dan reverse link interference.
c) Pengecekan pada kesalahan peralatan BTS ( seperti RLDU, CDDU, CDFU dan power amplification module ).
d) Serta mengecek konfigurasi parameter yaitu : parameter kontrol daya dan parameter handoff.

2        No Reverse Frames Received

Batas durasi yang diizinkan untuk menerima reverse frame adalah 240ms. Kegagalan menerima reverse frame 
dapat terjadi karena kesalahan pada link Abis setelah terbentuknya kanal trafik. Apabila pada suatu kasus terjadi multi-way soft handoff , jika satu cabang tidak dapat menerima reverse frame maka cabang yang lain dapat menerima frame tersebut. Tetapi jika panggilan tersebut hanya memiliki satu cabang maka akan terjadi drop call ketika FMR ( Frame Measure Rate ) tidak menerima reverse frame selama 240ms.

Solusi untuk mengatasi terjadinya drop call karena tidak diterimanya reverse frames adalah : melakukan pengecekan pada Abis link dengan cara menambah proper time.

3        Kegagalan pada Interface Abis

Solusi untuk mengatasi terjadinya drop call karena kegagalan pada interface Abis yaitu melakukan
pengecekan pada Interface Abis yang menghubungkan BTS dengan BSC. Apabila terjadi kekurangan sumber daya pada link tersebut maka perlu diberikan penambahan besar bandwidth atau dengan penambahan link fisik E1/ alokasi maksimal pda V-LAN mode Selain itu juga, melakukan pengecekan pada peralatan BSC yang berkaitan dengan interface Abis dari arah BTS ke BSC nya.

4        Kegagalan pada Interface A1

Untuk mengatasi terjadinya drop call karena kegagalan pada interface A1, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu :

1) Melakukan pengecekan pada bagian rangkaian interface A1.
2) Melakukan pengecekan pada sumber daya interface A3/A7.
3) Melakukan pengecekan pada peralatan BSC lain yang berkaitan dengan interface A1.

5        Kegagalan pada Packet Control Function (PCF)

Untuk mengatasi kegagalan pada PCF maka dilakukan beberapa solusi antara lain :

1)      Melakukan pengecekan sumber daya interface A8 dan sumber daya lain yang berkaitan. Kekurangan sumber daya pada interface A8 dapat diatasi dengan cara penambahan kanal sumber daya (resource channel) yaitu CE resource. Penambahan carrier juga dapat dilakukan apabila terjadi kekurangan resource walsh code.
2)      Pesan terjadinya kesalahan yang dikirim oleh PDSN ( paket Data Serving Node ). Mengikuti petunjuk kesalahan yang dikirim oleh PDSN tersebut.

3)      Drop Call Akibat Faktor Lain : Untuk mengatasi drop call, dapat dilakukan perbaikan langsung pada site yang mengalami gangguan dan melakukan optimisasi berdasarkan ke gagalan dari coverage, call switch on pada voice ataupun paket data. 

6        Kegagalan Interface A2

Untuk mengatasi terjadinya drop call  karena kegagalan pada interface A2, disebabkan : 

Kegagalan sistem informasi pada paket pengiriman 64 kbps antara switch, dan element informasi di ISDN, MSC dan Base Station

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar